Rabu, 31 Juli 2013

Cara Membuat Ketupat Lebaran Idul Fitri

Cara Membuat Ketupat Lebaran Idul Fitri 


Assalamu'alaikum and Met malam sodara. Ane rase artikel nih cukup penting bagi umat muslim terlebih waktu-waktu kayak gini, waktu bulan ramadhan dan sebentar lagi akan lebarah alias hari raya Idul Fitri. Tentu dan pastinya ketupat wajib hadir di hari yang bahagia tersebut, wajib disajikan dan di nikmati di hari yang indah tersebut bersama keluarga tercinta. Olehnya itu semoga dengan artikel sederhana ini bias membantu sobat semua yang mungkin belum tau cara membuat ketupat untuk lebaran nantinya. Ok, selamat membaca dan mencobanya.


Cara membuat Ketupat Lebaran/ hari-hari bahagian lainnya :


CARA I :

Siapkan Beras untuk bahan utama ketupat, adapun banyaknya, sesuaikan sajah untuk berapa banyak keluarga yang akan menyantapnya. Berasnya boleh apa ajah, kalau mau ketupatnya enak, yah tentunya berasnya harus yang bersih dan berkualitas,Ok. Cuci beras yang sudah siap dan tiriskan. Siapkan kulit ketupat Tentunya dari daun Kelapa bersih. Selanjutnya Rendam beras kurang lebih 30 menit, setelah itu isikan ke dalam kulit ketupat sampai 3/4 penuh. Untuk menghemat waktu memasak, masukkan calon ketupat ke dalam panci yang sudah berisi air mendidih. Dengan cara ini bisa menghemat waktu, Ingat! Ketupat harus terendam di dalam air. Sesekali kita tambahkan air mendidih bila air di panci sudah terlihat berkurang. Begitu diangkat dari rebusan, segera siram ketupat dengan air bersih yang dingin kalu bias atau lebih bagusnya langsung di bawah keran air. untuk menghilangkan sisa-sisa air rebusan, kemudian gantung dan ‘angin-anginkan’ sampai dingin. Sisa-sisa air rebusan inilah yang biasanya menyebabkan ketupat cepat basi.

Tips lainnya yang mungkin bermanfaat : Pertama sodara cuci berasnya dengan air kapur sirih, kemudian dibilas sampai bersih, taburi sedikit garam lalu diaduk rata. Setelah itu isikan setengah penuh ke kulit ketupat seperti pada umumnya. Tujuan di cuci dengan air kapur sirih ini adalah agar ketupat gempi atau kenyal.


CARA II Membuat Ketupat:

Cuci bersih beras yang telah kita pilih atau telah kita siapkan, Kemudian rendam dalam air dingin selama kurang lebih 1 jam. Jika sodara suka bisa ditambahkan sedikit air kapur sirih. Tiriskan. Selanjutnya sodara Siapkan kulit ketupat. Kemudian Cuci bersih kulit ketupat dan tiriskan. Yang sodara lakukan selanjutnya adalah Isi kulit ketupat dengan beras hingga terisi 2/3 bagian dari Kulit ketpat yang sudah berbentuk pola ketupat. Kemudian Susun ketupat tersebut di dalam panci tinggi dan besar. Selanjutnya Tuangkan air panas lalu masak selama kurang lebih 2-3 jam hingga ketupat menjadi padat. Perhatikan, Jika air berkurang tambahkan air secukupnya pada panci. Angkat ketupat dan tiriskan kemudian gantung di tempat yang berangin hingga ketupat dingin

Tambahan Cara Membuat Lontong :

Cuci bersih beras Pilihan untuk membuat Lontong, lalu rendam dalam air dingin selama kurang lebih 1 jam. Seperti Ketupat di atas, Jika sodara suka bisa ditambahkan sedikit air kapur sirih. Kemudian Tiriskan. Selanjutnya sodara Siapkan daun pisang batu yang tidak terlalu tua. Kemudian sodara bersihkan daun tersebut hingga menjadi bersih dan kering. Potong-potong daun tersebut berukuran sekitar 30x20cm. Selanjutnya sodara Siapkan lidi untuk menyemat, bisa dibuat dari lidi daun kelapa. Kemudian Gulung 2 lembar daun pisang dengan bagian hijau menghadap ke dalam sehingga menyerupai silinder. Semat salah satu ujungnya dengan lidi. Isi contong/gulungan daun pisang dengan beras hingga sekitar ½ tinggi gulungan lalu semat ujung yang satu dengan lidi. Susun lontong di dalam panci tinggi dengan posisi berdiri. Kemudian sodara Tuangkan air hingga lontong terendam, Bisa ditambahkan potongan daun pandan dalam air rebusannya. Masak dengan api sedang selama kurang lebih 2 jam, Perhatikan, jika air berkurang tambahkan air kedalam panic tempat memasak Lontong. Masak terus sampai lontong padat dan kenyal. Selanjutnya Angkat lontong, tiriskan dalam posisi berdiri dan angin-anginkan hingga dingin.



Jika ingin cara lebih praktis bisa mengikuti langkah berikut ini: 

Pertama sodara Masak beras yang sudah direndam dengan air secukupnya hingga menjadi aronan (nasi setengah masak). Perhatikan, Banyaknya air sekitar 2 cm dari permukaan beras. Bungkus tiap 3-4 sdm aronan beras dengan daun pisang hingga berbentuk silinder kemudian semat kedua sisinya dengan lidi. Selanjutnya masak lontong seperti biasa di dalam panci tinggi hingga matang selama kurang lebih 1 jam. Jika ada bisa dipakai panci bertekanan atau pressure cooker. Masukkan lontong dalam panci ini dan beri air hingga Lontong Terendam semua. Masak lontong selama kurang lebih 30 menitsejak sejak air rebusan dipanci mendidih atau terdengar berdesis.


Kilik di bawah ini untuk melihat Videonya :




Demikian sodara artikel sederhana ini, semoga bermanfaat, selamat mencoba, dan terimakasih atas kunjungan sobat semua.

Wassalamu'alaikum Warahmatulloh.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar