Minggu, 19 Mei 2013

Contoh Surat Peringatan atau Somasi

Contoh Surat Peringatan atau Somasi


Berikut ini adalah contoh sederhana dari surat peringatan atau somasi, semoga surat ini bisa memberikan manfaat bagi yang membutuhkan….



Kendari, 22 April 2002

Nomor : 11/XI-NO/IV/2002
Perihal : Somasi I (Pertama)

Kepada Yth
Direktur PT. Angkasa Raya
Jl. DI Panjaitan No. 12 Anduonohu
Di Kendari

Dengan Hormat,

Untuk dan atas nama klien kami, PT. Nusantara beralamat Jl. Kamandanu No. 21 Kendari, dengan ini kami menyampaikan Somasi kepada saudara sebagai berikut:

Bahwa klien kami PT. Nusantara dan PT. Angkasa Raya telah membuat suatu perjanjian kerjasama dengan Surat Perjanjian Nomor :_______________________
Pada tanggal 08 April 2001 tentang Pelaksanaan jasa-jasa pekerja.

Bahwa menurut pasal 10 ayat 1 dari perjanjian yang telah disetujui oleh kedua belah pihak, PT. Angkasa Raya akan melaksanakan pembayaran back to back atau maksimal 102 (seratus dua) hari kalender setelah diterimanya Tanda Terima Kuitansi (TTK).

Bahwa klien kami selain telah memenuhi kewajiban-kewajiban sesuai dengan perjanjian di atas dengan bukti TTK No. 12346 tanggal 12 Mei 2001 dengan nilai pembayaran sebesar Rp.2.000.000.000,- (Dua Miliyar) terlampir. PT. Angkasa Raya melakukan pembayaran .

Bahwa karena sampai saat tanggal 22 April 2002 saudara belum dapat memenuhi kewajiban saudara untuk melakukan pembayaran secara nyata atas pekerjaan yang telah klien kami laksanakan dan seharusnya sudah dibayar kepada klien kami selambat-lambatnya pada tanggal 10 April 2002, sehingga telah terjadi wanprestasi, oleh karena itu kami memberikan kesempatan kepada saudara untuk melakukan pembayaran tesebut selambat-lambatnya 20 (dua puluh) hari sejak dikeluarkannya somasi pertama ini. Apabila tidak dilakukan pembayaran sesuai dengan waktu yang telah diberikan maka kami kuasa hukum PT Sejuta Warna akan menempuh jalur hukum dan juga akan melakukan Gugatan Pailit ke Pengadilan Niaga.

Bahwa PT. Angkasa Raya adalah perusahaan besar dan mempunyai nama baik di kalangan masyarakat Indonesia, kami yakin saudara tentu akan menjaga nama baik tersebut.

Maka berdasarkan uraian tersebut diatas, dengan ini kami atas nama klien kami mengirimkan somasi agar saudara dapat memenuhi bunyi pasal; 10 ayat 1 dari Perjanjian Nomor : _________________, tanggal 08 April 2001 yang telah saudara tandatangani sendiri.

                                                                                       Hormat Kami,

                                                                     Kuasa Hukum PT Sejuta Warna

                                                                         Supriadi Hasan, SH.LLM 


Demikian Contoh singkat surat ini, semoga bisa memberikan manfaat. dan..,

Wassalam.......



Tidak ada komentar:

Posting Komentar