Kamis, 10 Oktober 2013

Fungsi dan Tips Shortcut ( F ) pada Keyboard

Fungsi dan Tips Shortcut ( F ) pada Keyboard



Assalamu'alaikum Warahmatulloh.

Selamat pagi sobat blogger, ayuk dibaca yah, semoga menambah pengetahuan kita bersama, kali ini saya sedikit berbagi mengenai Fungsi dan Beberapa tips shortcut F pada Keyboard Perangkat computer kita. Oh iya sobat ada kan tombol-tombol f1, f2, f3, sampai f12 pada keyboard kia, walau begitu mungkin ada sebagian dari kita yang belum tahu manfaat tiap-tiap tombol tersebut. Tombol tersebut mempunyai manfaat serta umumnya pemakaian tombol ini dapat di pengaruhi oleh sistem operasi yang tengah dipakai, aplikasi yang terinstall pada sistem operasi tersebut, ataupun jenis-jenis platform laptop ataupun notebook yang kita miliki, dan tentunya tombol ini juga bisa digabungkan dengan tombol alt ataupun control ( ctrl ).

Ok sobat, ikuti yah dengan baik. Berikut ini adalah Tips Shortcut Fungsi F dari tombol F1 sampai F12 pada keyboard :


TOMBOL F1
Tombol ini berfungsi untuk menampilkan layar bantuan (help) hamper disemua jenis aplikasi computer, tentunya untuk mengakses beberapa jenis BIOS. Sedangkan pada Microsoft Office kombinasi tombol Windows Key + F1 berfungsi untuk menampilkan Microsoft Windows help and support center. Selain itu juga, kombinasi Ctrl + F1 dapat menampilkan Task Pane pada Microsoft Office.


TOMBOL F2
Tombol ini Pada Windows biasa digunakan untuk mengubah/rename ikon tertentu maupun file. Kombinasi tombol Alt + Ctrl + F2 berfungsi untuk membuka sebuah file dokumen pada Microsoft Word, selain itu kombinasi Ctrl + F2 berfungsi menampilkan Print Preview pada Microsoft Word. TOMBOL F2 biasanya juga berfungsi untuk mengakses CMOS Setup.

TOMBOL F3
Tombol ini Pada MS–DOS berfungsi untuk mengulangi perintah terakhir, Selain itu juga, kombinasi tombol Shift + F3 akan mengubah teks dalam Microsoft Word dari huruf kecil menjadi huruf besar maupun sebaliknya atau mengaktifkan maupun menonaktifkan fungsi Wi-Fi

TOMBOL F4
Tombol ini berfungsi Untuk mengulangi perintah terakhir pada komputer (Undo), kombinasi tombol Alt + F4 akan menutup program yang sedang aktif pada Microsoft Windows secara bersamaan, selain itu juga tombol ini berfungsi lain jika dikombinasi dengan Ctrl + F4 akan menutup jendela yang sedang terbuka dalam jendela yang sedang aktif pada Microsoft Windows serta mengaktifkan maupun menonaktifkan volume.


TOMBOL F5
Tombol ini beerfungsi atau Biasa digunakan untuk refresh sistem operasi atau me-reload halaman pada web browser, selain itu tombol ini juga berfungsi untuk menjalankan perintah menu find, replace, dan go to window pada Microsoft Word. Ada juga fungsi lainnya yaitu memulai slideshow pada PowerPoint serta menurunkan pengaturan pencahayaan pada computer kita.

TOMBOL F6
Berfungsi Untuk memindahkan cursor mouse ke Address bar pada Internet Explorer dan Mozilla Firefox, selain itu kombinasi pada tombol ini seperti Ctrl + Shift + F6 digunakan untuk membuka dokumen Microsoft Word yang lain.


TOMBOL F7
Tombol ini berfungsi untuk menjalankan fitur pemeriksaan spell check dan grammar pada sebuah dokumen Microsoft Word, kombinasi tombol ini seperti Shift + F7 dapat berfungsi untuk menjalankan fitur Thesaurus pada Word serta mengaktifkan layar monitor kedalam perangkat komputer seperti proyektor.

TOMBOL F8
Tombol yang berfungsi untuk menampilkan Windows startup menu yaitu untuk mengakses Windows Safe Mode, selain itu berfungsi untuk menonaktifkan layar monitor kedalam perangkat komputer seperti proyektor.


TOMBOL F9
Tombol ini berfungsi Untuk membuka toolbar Measurements pada Quark 5.0 dan juga berfungsi untuk menampilkan informasi sistem operasi.

TOMBOL F10
Tombol ini berfungsi untuk mengakses recovery partisi pada perangkat komputer merk HP dan Sony, selain tiu juga tombol ini berfungsi untuk Masuk ke menu CMOS Setup serta untuk membuka dan mengecek email masuk.


TOMBOL F11
Tombol yang berfungsi Untuk membuat layar menjadi full-screen pada semua web browser Internet, Kombinasi tombol ini Ctrl + F11 biasa digunakan untuk mengakses recovery partisi pada Komputer merk Dell. Serta tombol ini juga berfungsi untuk mengakses recovery partisi pada peraangkat komputer merk eMachines, Gateway, dan Lenovo.

TOMBOL F12
Tombol ini bisa digunakan untuk melakukan Save as dokumen pada Microsoft Word, Selain itu kombinasi tombol Shift + F12 berguna untuk menyimpan file dokumen pada Microsoft Word, serta kombinasi tombol Ctrl + Shift + F12 untuk mencetak dokumen pada Microsoft Word juga mampu untuk menjalankan Firebug.

Ok sobat cukup sekian, semoga bermanfaat dan tentunya menambah pengetahuan kita. Terimakasih juga atas kunjungan teman-teman semua ke blog ini.


Wassalamu’alaikum Warahmatulloh.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar